SALAH SATU CONTOH PROTOKOL JARINGAN

Pengertian Protokol Jaringan adalah satu set aturan yang mengatur online komunikasi di antara beberapa buah komputer yang ada dalam suatu jaringan.

JENIS-JENIS PROTOKOL JARINGAN

Contoh-contoh protokol yang paling populer digunakan adalah

  1. Ethernet

        Protokol Jaringan Ethernet merupakan protokol yang paling banyak digunakan.Ia merupakan suatu sistem di mana setiap komputer menunggu instruksi melalui kabel sebelum mengirim pesan melalui jaringan. Jika jaringan ditemukan tidak sibuk, barulah komputer tersebut menyampaikan informasi atau pesan.

Protokol Jaringan Ethernet biasanya digunakan untuk topologi linear bus, bintang atau pepohonan. Data bisa dikirim menggunakan kabel pasangan berpintal (twisted pair), kabel sipaksi (coaxial) atau kabel fiber optik pada kecepatan 10 Mbps.

Protokol Jaringan Ethernet Cepat  (FAST ETHERNET)

Untuk meningkatkan pengiriman informasi yang lebih cepat, protokol Ethernet telah membangun suatu standar yang mendukung dan memungkinkan 100 Mbs. Inilah yang dikenal sebagai Ethernet pantas.Ethernet cepat membutuhkan penggunaan concentrator atau pusat yang berbeda dan lebih mahal biayanya dan jaringan kartu antarmuka (network interface card). Sebagai tambahan, kabel 5 pasangan berpintal (twisted pair) atau kabel fiber optik jika perlu.

th

ini lah gambar contoh dari ethernet.


Standar

Tinggalkan komentar